|
Materi
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Indikator
soal
|
|
Cermin
|
Siswa mampu merancang dan melakukan percobaan untuk
menunjukikan sifat-sifat
perambatan cahaya
Siswa mampu menjelaskan hukum pemantulan yang diperoleh
melalui percobaan
Siswa mampu mendeskripsikan proses
pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan
cermin cembung.
Siswa mampu mendeskripsikan proses
pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung
|
Siswa
mampu memilih percobaan yang menunjukkan sifat perambatan cahaya melalui
pilihan percobaan pada soal
Siswa
mampu mendeskripsikan proses
pembentukan bayangan pada cermin cekung melalui gambar yang diberikan pada
soal
Siswa
mampu memprediksi letak bayangan benda pada cermin cekung melalui letak benda
yang diberikan pada soal
Siswa
mampu menghitung jarak bayangan proses pembentukan bayangan pada cermin
cembung melalui gambar yang diberikan pada soal
Siswa mampu memprediksikan proses
pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung melalui pilihan keterangan sifat bayangan
pada soal.
Siswa mampu memprediksikan proses
pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cembung melalui pilihan keterangan sifat bayangan
pada soal
Siswa mampu menghitung jarak fokus lensa cekung proses pembentukan
dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung
melalui data pada proses pembentukan bayangan pada soal lensa cekung
Siswa mampu menghitung jarak fokus lensa cembung proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan
pada lensa cembung melalui data pada
proses pembentukan bayangan pada soal lensa cembung
Siswa mampu memprediksi letak
bayangan pada lensa cekung melalui gambar
letak benda di depan lensa cekung pada soal
Siswa mampu memprediksi letak
bayangan pada lensa cembung melalui
gambar letak benda di depan lensa cembung pada soal
|
|
Akat
Optik
|
Siswa mampu menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik
Siswa mampu menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina
Siswa mampu menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan kaca mata
Siswa mampu menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat optik
Siswa mampu menjelaskan konsep
lup sebagai alat optik
Siswa mampu menjelaskan cara kerja beberapa produk teknologi yang
relevan, seperti : mikroskop, berbagai jenis teropong, periskop dan
sebagainya
|
Siswa
mampu menyebutkan 3 lapisan mata melalui gambar yang diberikan pada soal.
Siswa
mambu menjelaskan fungsi lensa pada mata melalui pilihan jawaban yang
diberikan pada soal
Siswa
mampu menentukan letak bayangan benda
pada retina melalui gambar pembentukan bayangan pada retina dalam soal
Siswa
mampu menghitung dioptri lensa pada cacat mata miopi melalui perhitungan pada
soal
Siswa
mampu menghitung dioptri lensa pada cacat mata hipermetropi melalui perhitungan pada soal
Siswa
mampu mengidentifikasi ciri kamera melalui beberapa pernyataan pada soal
Siswa
mampu menjelaskan konsep lup sebagai kaca pembesar melalui pilihan jawaban
pada soal
Siswa
dapat menghitung pembesaran lup melalui perhitungan pada soal
Siswa
dapat menjelaskan prinsip pembentukan bayangan pada mikroskop melalui
pernyataan yang diberikan pada soal
Siswa
dapat menghitung panjang teropong bintang melalui perhitungan pada soal
Siswa
mampu menjelaskan letak bayangan pada teropong bintang melalui pernyataan
pada soal
Siswa
mampu menjelaskan fungsi lensa pembalik pada teropong bumi melalui pernyataan
pada soal
Siswa
mampu menjelaskan fungsi episkop melalui pilihan jawaban pada soal
Siswa
mampu menunjukkan contoh yang termasuk diaskop melalui pilihan jawaban pada
soal
Siswa
mampu menjelaskan sifat bayangan pada proyektor film melalui pernyataan pada
soal
|
|
Jaringan
tumbuhan, akar, batang daun
Fotosintesis
|
Siswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi
jaringan di akar, batang dan daun
Siswa mampu menunjukkan letak epidermis,
korteks, dan stele pada tumbuhan
Siswa mampu menjelaskan fungsi jaringan
tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan
Siswa mampu menunjukkan bagian daun yang berperan
dalam fotosintesis
Siswa
mampu melakukan
dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis
Siswa
mampu menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
|
Siswa
mampu membedakan ciri jaringan meristem dengan jaringan dewasa lainnya
melalui pernyataan pada soal
Siswa
mampu menjelaskan sifat jaringan parenkim melalui gambar yang diberikan pada
soal
Siswa
mampu menunjukkan bentuk jaringan
floem melalui gambar yang diberikan pada soal
Siswa
mampu membedakan jaringan sklerenkim dan kolenkim melalui sifat selnya pada
soal
Siswa
mampu menunjukkan letak korteks pada penampang batang dikotil melalui gambar
yang diberikan pada soal
Siswa
mampu membedakan letak berkas pembuluh pada batang monokotil dan dikotil
melalui pilihan jawaban pada soal
Siswa
mampu menjelaskan pertumbuhan sekunder pada batang dikotil melalui pernyataan
pada soal
Siswa
mampu menjelaskan fungsi xylem dan floem melalui pilihan jawaban pada soal
Siswa
mampu menunjukkan contoh jaringan sklerenkim melalui gambar batok kelapa pada soal
Siswa
mampu menunjukkan contoh modifikasi epidermis pada tumbuhan melalui gambar
stomata dan lentisel pada soal
Siswa
mampu menujukkan bagian daun yang melakukan fotosintesis melalui gambar yang
diberikan pada
Soal
Siswa
mampu menjelaskan hasil fotosintesis melalui pilihan jawaban pada soal
Siswa
mampu menjelaskan percobaan sach melalui gambar yang diberikan pada soal
Siswa
mampu menjelaskan hubungan antara suhu dengan laju fotosintesis melalui
pilihan jawaban soal
Siswa
mampu menjelaskan kebutuhan air pada fotosintesis melalui pilihan jawaban
pada soal
|
|
Gerak
tumbuhan
|
Siswa mampu mendeskripsikan
macam-macam gerak pada tumbuhan
Siswa mampu menjelaskan
perbedaan gerak tropisme dengan gerak nasti
Siswa mampu menjelaskan perbedaan hama dan
penyakit
Siswa mampu mendata contoh hama dan penyakit pada
organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa
mampu mengelompokkan gerak pada tanaman melalui informasi yang diberikan pada
soal
Siswa
mampu menjelaskan ciri gerak tropisme melalui informasi pada soal
Siswa
mampu menjelaskan ciri gerak taksis
melalui informasi pada soal
Siswa
mampu menjelaskan ciri gerak nasti
melalui informasi pada soal
Siswa
mampu menunjukkan contoh gerak seismonasti melalui gambar yang diberikan pada
soal.
Siswa
mampu menjelaskan ciri gerak tigmotropi
melalui informasi pada soal
Siswa
mampu menjelaskan definisi hama tanaman melalui pilihan jawaban soal
Siswa
mampu menunjukan contoh hama yang menyerang padi melalui pilihan jawaban
Siswa
mampu menunjukan contoh hama yang
menyerang daun tanaman sayuran melalui
pilihan jawaban
Siswa
mampu menunjukan contoh penyakit yang
menyerang tomat melalui pilihan
jawaban
|
|
Zat
kimia dalam rumah tangga
Napza
|
Siswa mampu menyebutkan bahan-bahan kimia
yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari sebanyak 3 jenis melalui pengamatan
terhadap 10 kemasan produk bahan
kimia.
Siswa mampu mengidentifikasi zat
kimia yang terkandung pada 10 produk kemasan rumah tangga sehari hari melalui pengamatan
Siswa mampu menjelaskan efek
samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga melalui
diskusi kelompok untuk 3 bahan kimia.
Siswa mampu mengidentifikasi fungsi bahan kimia yang terdapat dalam makanan melalui pengamatan 5 bahan makanan
kemasan. Melalui diskusi kelompok.
Siswa mampu menjelaskan bahan-bahan kimia
alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan
pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan
kemasan melalui unjuk kerja berkelompok.
Siswa mampu menunjukkan
contoh makanan yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan melalui penugasan berkelompok
Siswa mampu
mengidentifikasi 3 contoh zat adiktif melalui diskusi kelompok.
Siswa mampu
mengidentifikasi 3 contoh zat psikotropika melalui diskusi kelompok.S
Siswa mampu
menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan
psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.
|
Siswa
mampu menyebutkan 3 jenis bahan kimia yang dimanfaatkan dalam rumah tangga
melalui 3 produk kemasan yang diberikan pada soal
Sswa
mampu mengidentifikasi nama senyawa kimia yang terdapat pada kemasan
deterjen, bayclin, dan sabun mandi
yang diberikan pada soal.
Siswa
mampu menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat pada dterjen,
bayclin, dan sabun mandi yang diberikan pada soal.
Siswa
mampu mengidentifikasi zat aktif yang terdapat pada deterjen, bayclin, dan
pasta gigi yang diberikan pada soal
Siswa
mampu menjelaskan zat aditif alami pada bahan makanan yang diberikan
pada soal
Siswa
mampu menjelaskan zat aditif buatan pada bahan makanan yang diberikan pada
soal
Siswa
mampu menunjukkan zat aditif buatan pada produk kemasan makanan yang diberikan
pada soal
Siswa
mampu mengidentifikasi zat adiktif melalui pilihan jawaban pada soal
Siswa
mampu memberi contoh zat psikotropika dan narkotika yang termasuk golongan 1
melalui data yang diberikan pada soal
Siswa
mampu menjelaskan efek negatif , rokok, miras, dan psikotropikan terhadap
sistem syaraf melalui pilihan jawaban soal
|
Saturday, May 21, 2016
KISI-KISI ULANGAN SEMESTER 2 IPA VIII SMP XAVERIUS 1 JAMBI TAPEL 2015/2016
Label:
IPA VIII
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Pages
Labels
- adventure (3)
- education and IT (9)
- Fisika X (2)
- IPA VII (2)
- IPA VIII (5)
- my creation (4)
- News - Sains (5)
No comments:
Post a Comment