Saturday, May 21, 2016

KISI-KISI ULANGAN SEMESTER 2 IPA VIII SMP XAVERIUS 1 JAMBI TAPEL 2015/2016

Materi
Tujuan Pembelajaran
Indikator soal
Cermin
Siswa mampu merancang dan melakukan percobaan untuk menunjukikan  sifat-sifat perambatan  cahaya
Siswa mampu menjelaskan hukum pemantulan yang diperoleh melalui percobaan

Siswa mampu mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.




Siswa mampu mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung
Siswa mampu memilih percobaan yang menunjukkan sifat perambatan cahaya melalui pilihan percobaan pada soal


Siswa mampu mendeskripsikan  proses pembentukan bayangan pada cermin cekung melalui gambar yang diberikan pada soal

Siswa mampu memprediksi letak bayangan benda pada cermin cekung melalui letak benda yang diberikan pada soal

Siswa mampu menghitung jarak bayangan proses pembentukan bayangan pada cermin cembung melalui gambar yang diberikan pada soal

Siswa mampu memprediksikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung  melalui pilihan keterangan sifat bayangan pada soal.

Siswa mampu memprediksikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cembung  melalui pilihan keterangan sifat bayangan pada soal

Siswa mampu menghitung  jarak fokus lensa cekung proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung  melalui data pada proses pembentukan bayangan pada soal lensa cekung

Siswa mampu menghitung  jarak fokus lensa cembung  proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cembung  melalui data pada proses pembentukan bayangan pada soal lensa cembung

Siswa mampu memprediksi letak bayangan pada lensa cekung melalui gambar  letak benda di depan lensa cekung pada soal

Siswa mampu memprediksi letak bayangan pada lensa cembung  melalui gambar  letak benda di depan lensa cembung  pada soal
Akat Optik
Siswa mampu menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik




Siswa mampu menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina
Siswa mampu menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan kaca mata







Siswa mampu menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat optik
Siswa mampu menjelaskan konsep  lup sebagai alat optik




Siswa mampu menjelaskan cara kerja beberapa produk teknologi yang relevan, seperti : mikroskop, berbagai jenis teropong, periskop dan sebagainya
Siswa mampu menyebutkan 3 lapisan mata melalui gambar yang diberikan pada soal.

Siswa mambu menjelaskan fungsi lensa pada mata melalui pilihan jawaban yang diberikan pada soal

Siswa mampu  menentukan letak bayangan benda pada retina melalui gambar pembentukan bayangan pada retina dalam soal


Siswa mampu menghitung dioptri lensa pada cacat mata miopi melalui perhitungan pada soal

Siswa mampu menghitung dioptri lensa pada cacat mata hipermetropi  melalui perhitungan pada soal


Siswa mampu mengidentifikasi ciri kamera melalui beberapa pernyataan pada soal

Siswa mampu menjelaskan konsep lup sebagai kaca pembesar melalui pilihan jawaban pada soal

Siswa dapat menghitung pembesaran lup melalui perhitungan pada soal

Siswa dapat menjelaskan prinsip pembentukan bayangan pada mikroskop melalui pernyataan yang diberikan pada soal

Siswa dapat menghitung panjang teropong bintang melalui perhitungan pada soal

Siswa mampu menjelaskan letak bayangan pada teropong bintang melalui pernyataan pada soal

Siswa mampu menjelaskan fungsi lensa pembalik pada teropong bumi melalui pernyataan pada soal

Siswa mampu menjelaskan fungsi episkop melalui pilihan jawaban pada soal

Siswa mampu menunjukkan contoh yang termasuk diaskop melalui pilihan jawaban pada soal

Siswa mampu menjelaskan sifat bayangan pada proyektor film melalui pernyataan pada soal

Jaringan tumbuhan, akar, batang daun































Fotosintesis
Siswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi jaringan di akar, batang dan daun











Siswa mampu menunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan








Siswa mampu menjelaskan fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan








Siswa mampu menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis





Siswa mampu melakukan dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis




Siswa mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis



Siswa mampu membedakan ciri jaringan meristem dengan jaringan dewasa lainnya melalui pernyataan pada soal

Siswa mampu menjelaskan sifat jaringan parenkim melalui gambar yang diberikan pada soal

Siswa mampu  menunjukkan bentuk jaringan floem melalui gambar yang diberikan pada soal

Siswa mampu membedakan jaringan sklerenkim dan kolenkim melalui sifat selnya pada soal

Siswa mampu menunjukkan letak korteks pada penampang batang dikotil melalui gambar yang diberikan pada soal

Siswa mampu membedakan letak berkas pembuluh pada batang monokotil dan dikotil melalui pilihan jawaban pada soal

Siswa mampu menjelaskan pertumbuhan sekunder pada batang dikotil melalui pernyataan pada soal

Siswa mampu menjelaskan fungsi xylem dan floem melalui pilihan jawaban pada soal

Siswa mampu menunjukkan contoh jaringan sklerenkim melalui  gambar batok kelapa pada soal

Siswa mampu menunjukkan contoh modifikasi epidermis pada tumbuhan melalui gambar stomata dan lentisel pada soal

Siswa mampu menujukkan bagian daun yang melakukan fotosintesis melalui gambar yang diberikan pada
 Soal

Siswa mampu menjelaskan hasil fotosintesis melalui pilihan jawaban pada soal


Siswa mampu menjelaskan percobaan sach melalui gambar yang diberikan pada soal





Siswa mampu menjelaskan hubungan antara suhu dengan laju fotosintesis melalui pilihan jawaban soal

Siswa mampu menjelaskan kebutuhan air pada fotosintesis melalui pilihan jawaban pada soal

Gerak tumbuhan
Siswa mampu mendeskripsikan macam-macam gerak pada tumbuhan
Siswa mampu menjelaskan perbedaan gerak tropisme dengan gerak nasti












Siswa mampu menjelaskan perbedaan hama dan penyakit

Siswa mampu mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

Siswa mampu mengelompokkan gerak pada tanaman melalui informasi yang diberikan pada soal

Siswa mampu menjelaskan ciri gerak tropisme melalui informasi pada soal

Siswa mampu menjelaskan ciri gerak taksis  melalui informasi pada soal

Siswa mampu menjelaskan ciri gerak nasti  melalui informasi pada soal

Siswa mampu menunjukkan contoh gerak seismonasti melalui gambar yang diberikan pada soal.

Siswa mampu menjelaskan ciri gerak tigmotropi  melalui informasi pada soal


Siswa mampu menjelaskan definisi hama tanaman melalui pilihan jawaban soal

Siswa mampu menunjukan contoh hama yang menyerang padi melalui pilihan jawaban

Siswa mampu menunjukan contoh hama  yang menyerang daun tanaman sayuran  melalui pilihan jawaban

Siswa mampu menunjukan contoh penyakit  yang menyerang  tomat melalui pilihan jawaban
Zat kimia dalam rumah tangga
Napza
Siswa mampu menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari  sebanyak 3 jenis melalui pengamatan terhadap 10 kemasan  produk bahan kimia.
Siswa mampu mengidentifikasi zat kimia  yang terkandung  pada 10 produk kemasan  rumah tangga sehari hari melalui pengamatan

Siswa mampu menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga melalui diskusi kelompok untuk 3 bahan kimia.
Siswa mampu mengidentifikasi fungsi bahan  kimia yang terdapat dalam  makanan melalui pengamatan 5 bahan makanan kemasan. Melalui diskusi kelompok.




Siswa mampu menjelaskan bahan-bahan kimia alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan melalui unjuk kerja berkelompok.

Siswa mampu menunjukkan contoh makanan yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan  melalui penugasan berkelompok
Siswa mampu mengidentifikasi 3 contoh zat adiktif melalui diskusi kelompok.
Siswa mampu mengidentifikasi 3 contoh zat psikotropika melalui diskusi kelompok.S



Siswa mampu menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.
Siswa mampu menyebutkan 3 jenis bahan kimia yang dimanfaatkan dalam rumah tangga melalui 3 produk kemasan yang diberikan pada soal




Sswa mampu mengidentifikasi nama senyawa kimia yang terdapat pada kemasan deterjen, bayclin, dan sabun mandi  yang diberikan pada soal.



Siswa mampu menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat pada dterjen, bayclin, dan sabun mandi yang diberikan pada soal.


Siswa mampu mengidentifikasi zat aktif yang terdapat pada deterjen, bayclin, dan pasta gigi yang diberikan pada soal







Siswa mampu  menjelaskan zat aditif  alami pada bahan makanan yang diberikan pada soal


Siswa mampu menjelaskan zat aditif buatan pada bahan makanan yang diberikan pada soal



Siswa mampu menunjukkan zat aditif buatan pada produk kemasan makanan yang diberikan pada soal



Siswa mampu mengidentifikasi zat adiktif melalui pilihan jawaban pada soal

Siswa mampu memberi contoh zat psikotropika dan narkotika yang termasuk golongan 1 melalui data yang diberikan pada soal



Siswa mampu menjelaskan efek negatif , rokok, miras, dan psikotropikan terhadap sistem syaraf melalui pilihan jawaban soal

No comments:

Post a Comment