No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pembelajaran
|
1
|
5.
Memahami gejala-gejala alam
melalui pengamatan
|
Melaksanakan
pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala
alam biotik dan abiotik.
|
·
Gejala Alam Biotik dan Abiotik
|
·
Membedakan
komponen biotik dan abiotic.
|
Menganalisa
data percobaan GLB dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
·
Gerak
|
·
Menjelaskan
pengertian gerak dan sifatnya .
·
Membedakan
pengertian perpindahan dan jarak .
·
Menjelaskan
pengertian kelajuan .
·
Menjelaskan
ciri GLB .
·
Mengamati
GLB .
·
Menjelaskan
pengertian kecepatan .
·
Menjelaskan
pengertian gerak lurus berubah beraturan .
·
Menjelaskan
pengertian percepatan .
·
Mengamati
gerak lurus diperlambat beraturan .
|
||
Menggunakan
mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala
kehidupan.
|
·
Mikroskop
|
·
Menyebutkan
nama bagian-bagian mikroskop .
·
Menjelaskan
fungsi bagian-bagian mikroskop .
|
||
Menerapkan
keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam.
|
·
Keselamatan Kerja
|
·
Mengetahui
peraturan yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium .
·
Menyebutkan
bahan-bahan kimia di dalam laboratorium yang berbahaya bagi kesehatan .
·
Menjelaskan
cara menyimpan dan mengambil bahan-bahan kimia yang ada di dalam laboratorium .
·
Menjelaskan
arti simbol-simbol dalam bahan kimia .
|
||
2
|
6.
Memahami keanekaragaman
makhluk hidup.
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
|
·
Ciri-ciri Makhluk Hidup
|
·
Menjelaskan
perbedaan makhluk hidup dan makhluk tak hidup .
·
Menyebutkan
ciri-ciri makhluk hidup .
·
Mengetahui
reaksi tumbuhan terhadap rangsangan .
·
Menentukan
ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan pengamatan
·
Menjelaskan
perbedaan antara hewan dan tumbuhan dalam soal dengan benar
|
Mengklasifikasikan
makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.
|
·
Klasifikasi Makhluk Hidup
|
·
Menjelaskan
tujuan klasifikasi makhluk hidup .
·
Menjelaskan
dasar klasifikasi makhluk hidup .
·
Mengetahui
klasifikasi makhluk hidup menurut carolus linnaeus.
·
Menuliskan
nama ilmiah makhluk hidup .
·
Menjelaskan
tujuan kunci determinasi .
|
||
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.
|
·
Keragaman Pada Sistem Organisasi
Kehidupan
|
·
Menyebutkan
penemu sel .
·
Menjelaskan
bagian-bagian sel .
·
Membedakan
sel tumbuhan dan sel hewan .
·
Menjelaskan
pengertian jaringan .
·
Menjelaskan
fungsi dari macam-macam jaringan .
·
Menyebutkan
macam-macam organ pada tumbuhan .
·
Menyebutkan
macam-macam sistem organ pada tumbuhan .
|
||
3
|
7.
Memahami saling
ketergantungan dalam ekosistem.
|
Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara
komponen ekosistem.
|
·
Komponen Ekosistem, Peran, dan
Interaksinya
|
·
Menjelaskan
pengertian ekosistem .
·
Menjelaskan
satuan makhluk hidup dalam ekosistem .
·
Membedakan
organisme autrotof dan organisme heterotof .
·
Membedakan
organisme herbivora, karnivora dan omnivora .
·
Menjelaskan
saling ketergantungan antara produsen, konsumen dan pengurai .
·
Menjelaskan
pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan dan piramida makanan .
·
Membuat
jaring-jaring makanan yang terbentuk dari sekumpulan rantai makanan .
·
Menjelaskan
pengertian arus energi .
·
Menyebutkan
pola interaksi organisme .
·
Membedakan
simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme dan simbiosis komensalisme .
|
Mengidentifikasikan pentingnya keanekaragaman makhluk
hidup dalam pelestarian ekosistem
|
·
Keanekaragaman Makhluk Hidup dan
Upaya Pelestariannya
|
·
Menyebutkan
beberapa jenis tumbuhan yang telah langka di Indonesia .
·
Menyebutkan
beberapa jenis hewan yang telah langka di Indonesia .
·
Membedakan
cagar alam dan suaka margasatwa
·
Membedakan
taman nasional, taman wisata dan taman laut dalam soal dengan benar
|
||
Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia dengan
lingku-ngan.
|
·
Pengaruh Kepadatan Populasi
Manusia Terhadap Lingkungan
|
·
Menyebutkan
syarat-syarat air bersih .
·
Menjelaskan
pengertian udara bersih .
·
Menjelaskan
pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan .
|
||
Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan
lingkungan un-tuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
|
·
Pencemaran dan Kerusakan
Lingkungan
|
·
Menjelaskan
pengertian pencemaran lingkungan .
·
Menyebutkan
ciri-ciri lingkungan tercemar .
·
Menyebutkan
bahan-bahan pencemar udara .
·
Menjelaskan
akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran tanah .
·
Menjelaskan
akibat pencemaran terhadap makhluk hidup secara global .
·
Menjelaskan
kerugian akibat penebangan hutan .
|
Thursday, May 19, 2016
KISI-KISI ULANGAN SEMESTER 2 IPA KELAS VII TAPEL 2015/2016
Label:
IPA VII
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Pages
Labels
- adventure (3)
- education and IT (9)
- Fisika X (2)
- IPA VII (2)
- IPA VIII (5)
- my creation (4)
- News - Sains (5)
SOAL NY MUDAH MUDAH YA PAK
ReplyDelete